Minggu, 11 Oktober 2009

jadi anak baik.

kata orang, anak yang baik pasti sama baiknya seperti sifat orang tuanya.
papa bukan anak yang baik di keluarga ini. tiap pulang sekolah, saya lihat dia di depan komputer sajah. kalo orang nya gak ada, berarti lagi niat kerja. kalo udah marah, semua omongannya gak dipikir. kalo udah ngamuk, bisa main tangan. kalo liat papa marah, seperti liat prajurit pemerintahan pontius pilatus yang cambukin yesus, pembantaian.
mama, bisa menjadi sangat baik, tiba tiba berubah seperti setan. sama kayak papa. cuma mama lebih halus. semuanya gak mau tau alasannya, langsung teriak teriak. gak bisa diajak ngomong baik baik. semuanya serba menakutkan. serba emosi. gak bisa nahan emosi dan selesain semuanya dengan damai. belum apa apa udah histeris. saya bersekolah. disekolah bapak ibu guru ngajarin tenang. tapi,kalo guru udah gerah, semua juga langsung teriak teriak, gak mau denger alasan apapun. apakah saya bisa jadi anak baik?

kata orang kalo mau jadi anak baik harus belajar dengan rajin.
saya mau banget jadi anak baik. tiap ada ulangan saya belajar. bangun pagi pagi,cuci muka, belajar. tapi,apa saya udah jadi anak baik? mama atau papa, gak pernah bilang saya anak baik karena saya udah belajar. pasti bilangnya, 'emank udah harusnya gitu, belajar kan kewajiban'.
saya udah belajar, tapi kalo dapet jelek, usaha belajar saya gak dihargain. gimana dengan teman saya yang tinggal nyontek, tanpa belajar. papa mama nya bangga banget sama mereka, dapet bagus, tapi gak belajar. orang bilang saya munafik. tapi, walau munafik, saya tetap bukan anak baik donk?

kata orang kalo udah bisa main piano, bisa main lagu buat papa mama.
dulu,pas saya masih kecil,ada yang bilang kalimat ini ke saya. akhirnya,menjadi sebuah semangat baru supaya saya belajar. entah kenapa, mama mengharuskan alat musik yang harus dipelajarin tuh piano. katanya demi masa depan saya. saya suka piano,saya mau belajar. tapi, bagi saya piano gak mudah. piano harus banyak latihan, sedangkan saya latihan sebentar sebentar. saya kalau main lagu juga gak ada yang denger. paling, oma saya. mama saya gak pernah denger saya main, mama saya slalu dnger dedek. oma yg dengerin permainan neraka saya. saya rasa,guru piano saya juga membenci permainan saya. saya latihan piano sambil nangis. saya rasa, air mata saya jahat. air mata mengganggu penglihatan saya. tapi, ia sulit untuk berhenti keluar. saya tau mama mau saya bisa piano. saya gak peduli alasannya. saya merasa,kalau saya bljar piano,mama bakal senang. tapi mama biasa ajah. saya main piano di depan temen temen saya, mereka seneng. tapi,sayang,saya bukan main di dpan papa mama saya. lagi lagi saya bukan anak yang baik.

kata orang kalo mau jadi anak baik gak bole nyusahin orangtua.
saya gak mau nyusahin orang tua,sumpah. saya tahu orang tua saya kadang merasa capek dll, jadi saya juga gak mau nyusahin merekalah. tapi, kok saya gampang sakit? kalo udah sakit, rasanya kayak mau mati. saya takut mati. akhirnya saya kasih tahu papa mama kalo saya sakit. mama bawa ke dokter. kadang dia khawatir, tapi saya lebih sering liat muka dia kayak cemberut dan sebel. saya takut mama sebel punya anak kayak saya.saya nyusahin. kalo masuk rumah sakit, papa harus bayar mahal sekali. saya takut papa benci saya. akhirnya malah nyusahin lagi.saya bukan anak baik.

anak baik itu cantik dan pintar.
saya gak cantik. saya jelek,seperti mbak mbak. kulit saya dekil,wajah saya menyebalkan. model rambut saya jelek.saya gendut pula. saya gak pintar. kadang, saya berlari untuk mandapatkan kata pintar. tapi, saya harus bersaing. bersaing itu melelahkan,saya kadang capek. tapi, kalo saya pintar, saya bisa jadi anak baik buat papa mama saya. mereka pasti bangga. saya ingin jadi anak yang cantik biar gak malu maluin papa dan mama dan dedek saya. sekarang saya diet. sehari makan sekali. saya bisa,saya sanggup. saya gak ngerti, beli baju yang bagus tuh dimana sih,beli baju yang bikin cewe jadi manis tuh dimana sih. saya gak nyerah, saya tanya teman, saya cari sendiri, saya tanya adik saya. saya akan jadi anak yang cantik. saya janji. saya mau jadi anak baik.

2 komentar:

Sdt mengatakan...

Di sekolah itu, kita belajar untuk kepentingan masa depan kita sendiri, bukan untuk mendapat pujian dari siapa pun, so, teruskan rajin-belajarnya.
Belajar piano untuk diri sendiri, bukan untuk kesenangan orang lain, belajarlah dengan sepenuh hati dan memupuk kesenangan dalam main piano dengan indah.
Kalau sakit harus kasih tahu orang tua, tidak ada orang tua yg merasa disusahi, jangan sampai penyakit kecil menjadi penyakit berat, pada saatnya makin susah dan makin mahal tuk diobatinya.
Di dunia ini gak ada wanita jelek, yang ada hanya wanita malas, yang penting percaya diri.
Kalau mau diet, dietlah dengan cara makan yang benar, jangan 1 hari makan 1 kali, ntar bisa sakit maag, makan makanan yg berkalori rendah, porsi nasi dikurangi, banyak makan buah, seperti apel, pisang, pepaya dsb.

Sadney mengatakan...

hikshiksss, terharu baca komen apek.hiks.iya ya, semua usaha kembali untuk diri kita sendiri. apek,jgn ngomongin blog ini sama papa,mama,atau ama ya.hehe,malu kalo sampai pada tau.apek,kamsia ya atas saran2 nya.skrang wa jd ngerti kalo semua usaha yg bikin kita capek dll, hasilnya bakal kita tuai dan untuk kita sendiri.betul kan?apek cocok jadi penasihat dan motivator yang baik :)